Apakah Anda tahu apa hal pertama
yang membuat mata tertarik pada sebuah website? Dan bagaimana pola
perilaku orang dalam menjelajahi website Anda?
Ada banyak tes eyetracking tentang hal ini dan saya akan membagikan 15 fakta yang paling berguna bagi pemilik website seperti Anda.
Sebelumnya saya ingin share tentang contoh gambar eyetracking
pada sebuah website. Gambar di atas menunjukkan 3 website yang berbeda
dan di bagian mana fokus orang melihat sebuah halaman website. Warna
merah menunjukkan daerah yang menjadi fokus penglihatan, daerah berwarna
kuning mendapat sedikit fokus perhatian mata, area berwana biru
menandakan area yang paling sedikit mendapat perhatian, dan area
berwarna abu-abu tidak mendapatkan fokus perhatian sama sekali.
Seperti yang Anda lihat, semakin banyak
orang menggeser halaman website ke bawah, semakin mereka kehilangan
fokus terhadap website Anda. Dari sini kita bisa menarik kesimpulan
bahwa informasi yang dirasa penting bagi pengunjung website harus
diletakkan pada bagian atas halaman website.
Contoh EyeTracking :
Contoh EyeTracking :
Berikut adalah 15 fakta yang harus Anda ketahui tentang bagaimana orang melihat website:
1. Teks lebih menarik perhatian lebih dari gambar.
2. Orang mulai melihat website Anda dari sudut kiri atas.
3. Kebanyakan pembaca akan mengabaikan banner.
4. Jenis font yang Fancy (keren) juga akan diabaikan pengunjung website.
5. Pengunjung justru akan lebih melihat halaman website paling bawah, dan melewatkan bagian tengahnya
6. Paragraf pendek lebih efektif daripada yang panjang.
7. Iklan yang ditempatkan di bagian atas atau kiri website, akan mendapatkan paling banyak perhatian.
8. Iklan yang ditempatkan di dalam atau di bawah sebuah konten/artikel yang menarik juga akan mendapatkan banyak perhatian.
9. Ukuran gambar yang lebih besar akan lebih menarik perhatian daripada yang berukuran kecil.
10. Headline sebuah konten/artikel juga akan menarik perhatian.
11. Pengunjung website menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat menu dan tombol daripada bagian lainnya.
12. List/daftar bernomor lebih menarik fokus perhatian daripada paragraf yang panjang.
13. Beberapa orang bahkan mengabaikan paragraf teks yang panjang.
14. Ruang kosong/putih itu perlu.
15. Menu bekerja paling baik bila ditempatkan pada bagian atas website Anda.